Mengintip Keseruan Pengolahan Data Koordinat Pemetaan Partisipatif

Menindaklanjuti hasilĀ  pelatihan Pemetaan Partisiaptif yang telah dilaksanakan pada 30 Juli – 2 Agustus 2016 lalu, Forum Peduli Tanah Pusaka (FPTP) dan DPC GMNI Kab. Banyuwangi, Jawa Timur mengadakan Pelatihan Pengolahan Data Titik Kordinat dan Evaluasi Hasil Survey di Lapangan pada Minggu (26/3/2107) di Desa Grajagan, Banyuwangi Jawa Timur.

Menurut Sofyan Ubaidi Anom, Koordinator Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) Jawa Timur, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka praktek pemetaan partisipatif di lahan yang selama ini berkonflik antara petani Desa Grajagan dengan pihak Perum PERHUTANI dan Taman Nasional Alas Purwo.

“Saat ini sedang dilakukan penggambaran peta desa dan sebagian informasi tata guna lahan wilayah desa dan lahan area konflik yang digarap oleh Petani dan Nelayan Desa Grajagan. Setelah sebelumnya dilakukan survey pengambilan data titik kordinat pada bulan Desember tahun laluĀ  sampai dengan bulan Februari 2017” terang Ubed panggilan sehari-hari Sofyan Ubaidi Anom.

“Kegiatan ini, pengolahan data titik kordinat dan evaluasi hasil survey di lapangan merupakan bagian dari SOP pemetaan partisipatif” lanjutnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari alumni peserta peserta pemetaan sebelumnya, kader DPC GMNI Banyuwangi dan kader organisasi Forum Peduli Tanah Pusaka (FPTP) Desa Grajagan.

“Kami sangat bangga bisa mengikuti kegiatan ini karena dapat memahami rangkaian pembuatan peta partisipatif sehingga dapat banyak pengalaman berharga” ujar peserta bangga.

Pengolahan Data Hasil Pemetaan_ Kegiatan SLPP Jatim Photo by Ubed Anom

Suasana Pelatihan Pengolahan Data Titik Kordinat dan Evaluasi Hasil Survey di Lapangan SLPP Jatim Photo by Ubed Anom

Pengolahan data Hasil Pemetaan2_kegiatan SLPP Jatim_ Photo by Ubed Anom Pengolahan Data Hasil Pemetaan3_ Kegiatan SLPP Jatim Photo by Ubed Anom Pengolahan Data Hasil Pemetaan4_ Kegiatan SLPP Jatim Photo by Ubed AnomPengolahan Data Hasil Pemetaan5_ Kegiatan SLPP Jatim Photo by Ubed Anom Pengolahan Data Hasil Pemetaan6_ Kegiatan SLPP Jatim Photo by Ubed Anomsurvey lapangan2_Kegiatan SLPP Jatim photo by Ubed Anom survey lapangan3_Kegiatan SLPP Jatim photo by Ubed Anom survey lapangan4_Kegiatan SLPP Jatim photo by Ubed Anom

Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Email this to someonePin on Pinterest0Share on LinkedIn0

6 Comments

  1. diarman March 27, 2017 4:15 am  Reply

    mantap ketua Ubed, semoga tetap semangat untuk kerja-kerja bersama masyarakat untuk mendapatkan hak keadilan atas ruang hidupnya

  2. Yoyon March 27, 2017 4:19 am  Reply

    Nah, markotop ini….

    • admin March 27, 2017 5:10 am  Reply

      tambah semangat jika Suhu sudah memberi kode disini, Tks Mas Yoyon supportnya

  3. Ubed March 27, 2017 5:36 am  Reply

    Sekarang masih berlangsung diskusi tentang alur advokasi, peta partisipatif sebagai alat konsolidasi dan pengorganisasian anggota

  4. Dimaznovian March 28, 2017 10:48 am  Reply

    Keren (ini komentar yg bisa menaikkan ratting)

  5. diarman March 30, 2017 3:27 am  Reply

    Ayo om Dimas Kalteng info kan juga aktifitasnya biar rattingnya tambah naik juga dan tambah top markotop

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *