JKPP Teken MoU dengan Bupati Sigi, Deny: Amanah Ini Sangat Berat

Mou JKPP dan Bupati Sigi_1Seknas Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP)  melakukan penandatanganan MoU dengan Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapata, untuk kegiatan Tata Batas Administrasi Desa, Identifikasi dan Inventarisasi Wilayah Prioritas Reforma Agraria di Kabupaten Sigi dalam acara pembukaan Pendidikan Reforma Agraria dan Pelatihan Pemetaan Partisipatif pada Kamis (18/5/2017) di Komplek Pemandian Air Panas Desa Bora, Kab. Sigi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kasmita Widodo (Direktur Badan Registrasi Wilayah Adat), Eva Susanti Bande (Sekretaris Gugus Tugas RA Kab. Sigi), Amran Tambaru (Koordinator SLPP Sulteng), jajaran SKPD serta perangkat desa dari 10 calon Desa prioritas tahap pertama di Kabupaten Sigi.

Deny Rahadian, Kornas JKPP, usai menandatangani kesepakatan kerja mengatakan  bahwa JKPP mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi untuk mewujudkan Program Reforma Agraria dimana wilayahnya, dimana saat ini 70% dari wilayah Kabupaten Sigi masuk di kawasan hutan.

“Pemda Kabupaten Sigi yang sudah memiliki Peraturan Daerah terkait pelaksanaan Reforma Agraria saat ini sedang dalam tahap persiapan, untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi wilayah prioritas Reforma Agraria menggunakan metodogi Pemetaan Partisipatif”

“Proses pemetaan partisipatif ini juga untuk memetakan wilayah administrasi desa, sehingga Kabupaten Sigi diharapkan mendapatkan peta desa yang definitif” terang Deny.

Tantangan

Deny menambahkan paska MoU ini merupakan tantangan berat bagi JKPP, terutama bagaimana mewujudkan kerangka keadilan agraria melalui Reforma Agraria.

“Tantangan terbesarnya adalah mengawal proses pemetaan desa, dimana ada 176 desa yang akan dipetakan sehingga butuh sumberdaya manusia dan dana, selain itu proses identidikasi obyek dan subyek wilayah prioritas Reforma Agraria sehingga tidak salah sasaran”.

“Proses sosial dan pengorganisasian subyek Reforma Agraria sangat penting untuk menghindari distribusi yang tidak tepat sasaran” ungkapnya.

Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Email this to someonePin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *