Mengkonsolidasikan Pangkalan Data Konflik Sumber Daya Alam

FGD tanahkita.id5Paska soft launching pada Juni lalu, portal www.tanahkita.id sudah mengupdate data lebih dari 100 data konflik termasuk lokasi Perhutanan Sosial dan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan masih berjalan hingga saat ini.

Demikian disampaikan oleh Rahmat Sulaiman, Pengelola Admin tanahkita.id saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Pangkalan Data Konflik Agraria, Pengelolaan SDA & Perluasan Ruang Kelola Masyarakat pada Kamis (13/7) di IPB International Convention Center, Bogor.

FGD ini diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari perwakilan lembaga-lembaga CSO yang fokus pada isu-isu data dan peta konflik Reforma Agraria, Sumberdaya alam dan ruang kelola masyarakat.

Baca juga :
1. Mengenal portal tanahkita.id
2. Pemerintah Perlu Menggunakan Data Tanahkita.id
3. Hari Ini, portal tanahkita.id dilaunching

Harapannya sistem informasi yang berbasis online ini dapat diakses oleh publik agar berdaya guna dan menjadi rujukan berbagai pihak. Untuk pengembangan dan pengelolaan yang berkelanjutan, dilakukan melalui proses entry data yang selalu diperbaharui dan dianalisis.

“Data yang terkumpul dalam pangkalan  tersebut, menjadi produk informasi yang bermanfaat dan digunakan oleh para pengambil keputusan” terang Cimot– sapaan akrab Rahmat Sulaiman.

FGD tanahkita.id3Ditambahkan Cimot, proses input data ini bukan tanpa kendala, mulai dari proses teknis entry data, SDM pengelola, juga komitmen lembaga yang  belum sepenuhnya terkonsolidasi dengan baik.

“Dengan FGD ini semoga dapat terpecahkan masalah-masalah tersebut agar pangkalan data ini menjadi pusat data yang bisa digunakan banyak pihak” pungkasnya.

Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Email this to someonePin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *