JKPP

KKN Tematik Pemetaan Partisipatif Desa Bersama Universitas Andi Djemma, Palopo

Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) bersama Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP), Perkumpulan Wallacea, Pemerintah Daerah Luwu Utara dan Akademisi Universitas Andi Djemma Palopo menyelenggarakan Workshop dengan tema Menggagas Ide Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemetaan Partisipatif Desa dengan Universitas Andi Djemma, Palopo, Selasa (17/12/2019) di Aula Fakultas Hukum Andi Djemma, Palopo Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong dan memastikan perluasan kerja pemetaan partisipatif ditingkat desa dan tapak.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut: 1). Kepala Bagian Pemerintahan Luwu Utara, Bapak Armin; 2). Wakil Rektor Universitas Andi Djemma, Dr. Suwardi; 3). Koordinator Nasional JKPP, Deny Rahadian; 4). Ketua LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Andi Djemma, Dr. Syukrimin.

Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang mengimplementasikan Permendagri No.45 tahun 2016 tentang Penetapan dan Penegasan Batas Desa dengan menggunakan metodologi pemetaan partisipatif. Pembelajaran Pemerintah Daerah Luwu Utara ini menjadi penting dalam merespon dinamika kemandirian desa terutama dalam aspek kewenangan pengelolaan desa. Membangun desa dan mendorong kemandirian desa bukan saja tugas dan tanggung jawab pemerintah kabupaten, tetapi juga kerja kolaborasi para pihak termasuk perguruan tinggi dan organisasi masyarakat sipil (OMS). Untuk mendorong dan memastikan perluasan kerja ditingkat desa dan tapak, Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) bersama Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP), Perkumpulan Wallacea, Pemerintah Daerah Luwu Utara dan Akademisi Universitas Andi Djemma Palopo berencana memperluas pengetahuan dan praktek pemetaan partisipatif ke perguruan tinggi melalui skema kuliah umum dan pengembangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemetaan Partisipatif Desa.

“Workshop yang dilaksanakan hari ini menjadi awal diskusi bersama para pihak untuk mendiskusikan konsep dan pembagian peran para pihak” terang Sainal Abidin, SLPP Tokalekaju.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment