JKPP

Panduan Pemetaan dan Perencanaan Tata Guna Lahan Secara Partisipatif Berbasis Mitigasi Bencana

Seknas Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) telah mengeluarkan Buku Panduan Pemetaan dan Perencanaan Tata Guna Lahan Secara Partisipatif Berbasis Mitigasi Bencana pada awal Januari 2020.

Menurut Kornas JKPP, Deny Rahadian mengatakan buku panduan ini merupakan panduan singkat bagi para fasilitator pemetaan partisipatif  terutama bagi mereka yang sedang melakukan perencanaan tata guna lahan berbasis mitigasi bencana. 

“Panduan ini dibuat sangat sederhana sehingga dapat dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat dalam menyusun perencanaan secara partisipatif. Sementara untuk versi lengkapnya saat ini masih dalam penyusunan bersama Tim SLPP Sulawesi Tengah, dimana saat ini kegiatan tersebut diatas sedang dilaksanakan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah” terang Deny.

Deny menambahkan, panduan tersebut ditulis dari pengalaman lapangan selama melakukan pemetaan partisipatif untuk perencanaan tata guna lahan yang berkelanjutan berbasis mitigasi bencana. Oleh karena itu, panduan ini juga membutuhkan masukan, gagasan untuk melengkapi metodologi maupun teknisnya.

Deny berharap, semoga Panduan ini dapat membantu kawan-kawan bekerja di wilayahnya masing-masing yang dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada.

Bagi yang ingin membaca, sharing maupun download dapat mengklik tautan berikut ini:
Panduan Pemetaan dan Perencanaan Tata Guna Lahan Secara Partisipatif Berbasis Mitigasi Bencana

 

 

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment