JKPP

Nelayan Desa Kabirangga, Ende, Gelar Pemetaan Laut Dan Desa

Nelayan Desa Kabirangga, Ende, Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan kegiatan Pemetaan Laut Dan Desa pada (8/2/2020) di Desa Kabirangga, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Pertemuan dihadiri oleh perwakilan dari dua desa (aparatur desa, tetua adat yang biasa disebut mosa laki) dari dua desa yaitu Desa Kebirangga dan Desa Magekapa. Turut hadir juga siswa – siswi SMK Negeri 5 Perikanan & Pertanian Ende.

Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) bersama Serikat Nelayan Indonesia (SNI) memfasilitasi pertemuan kampung untuk mendiskusikan pentingnya pemetaan laut dan pemetaan desa. Pertemuan ini juga sekaligus memberikan pelatihan penggunaan alat (GPS) untuk pemetaan.

Menurut fasilitator pelatihan pemetaan partisipatif, Diarman mengatakan bahwa kedua desa ini melalui SNI melakukan fasilitasi pemetaan laut untuk Desa Kebirangga dan pemetaan desa serta lahan tambak garam di Desa Magekape. Sementara pemetaan laut Desa Kebirangga dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2020, bersama dengan perwakilan nelayan dan 6 pelajar serta guru SMKN 5 Ende.

“Pemetaan mencakup peta jelajah atau wilayah tanggkap nelayan desa kebirangga, spot karang yang dilindungi, wilayah mangrove” terang Diar.

Nelayan berharap peta partisipatif yang dihasilkan bisa mempertegas klaim mereka atas laut dan sumberdayanya, menyusun rencana perlindungan sumber daya laut seperti karang, termasuk untuk mencegah pihak lain yang ingin merusak kekayaan laut yang ada.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment