JKPP

Tertarik Dengan Lumbung Pangan Nelayan, Begini Cara Mengaksesnya

Ikan olahan Lumbung Pangan Nelayan. Foto; Budi (SNI)

Lumbung Pangan Nelayan merupakan inisiatif aksi solidaritas yang digagas oleh Serikat Nelayan Indonesia (SNI) untuk dapat mengatasi krisis pangan akibat pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Melalui aksi gotong-royong dalam rangka penyediaan kecukupan pangan bagi individu, rumah tangga dan komunitas khususnya nelayan atau keluarga rentan lainnya. 

Sekjend Serikat Nelayan Indonesia, Budi Laksana mengatakan Lumbung Pangan Nelayan bertujuan untuk menggerakan gotong-royong atau aksi solidaritas antar nelayan dengan nelayan, antar nelayan dengan petani atau kelompok rumah tangga rentan lainnya dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari ditengah dampak COVID-19. 

Baca:  Aksi Lumbung Pangan Nelayan Disambut Antusias Nelayan dan Petani

Yang dapat dilakukan melalui Lumbung Pangan Nelayan, diantaranya:
1. Menyediakan sumber pangan nelayan berupa produk olahan atau produk setengah olahan untuk didistribusikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.
2. Penyediaan data dan informasi Posko Lumbung Pangan Nelayan yang bisa diakses oleh masyarakat secara mudah, murah dan terjangkau.
3. Barter produk nelayan dengan bahan pangan lainnya sertaJual-beli produk pangan nelayan dengan harga terjangkau untuk semua kalangan melalui Koperasi Nelayan.
4. Menerima donasi atau sumbangan berupa barang, uang, bahan pangan atau yang lainnya serta menyalurkannya kepada keluarga rentan terdampak Covid-19.

Jika anda tertarik serta mau bergabung dengan aksi solidaritas Lumbung Pangan Nelayan, anda dapat mengikuti tahapan dan ketentuan berikut ini.

Lawan Covid-19, Nelayan – Petani Barter Bahan Pangan Melalui Lumbung Pangan Nelayan

Setiap keluarga terdampak covid-19 dapat mengakses program Lumbung Pangan Nelayan ini melalui:
1. Menghubungi Posko Lumbung Pangan Nelayan atau melalui nomor kontak yang tersedia dengan menyebutkan identitas diri dan organisasi/lembaga;
2. Membuat pengajuan data kebutuhan sesuai dengan jenis yang tersedia di Lumbung Pangan Nelayan;
3. Admin Lumbung Pangan Nelayan akan melakukan verifikasi dan persetujuan atas permohonan pengajuan;
4. Melakukan transaksi sesuai dengan kesepakatan;
5. Menerima barang sesuai pesanan.

Saat ini, Lumbung Pangan Nelayan tersedia di empat desa di Jawa Barat yaitu (1) Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, (2) Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, (3) Desa Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, dan (4) Desa Kebang Kulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon.

Untuk kontak dan Informasi Lumbung Pangan Nelayan dapat menghubungi:
Budi Laksana: +62 813-1971-6775
Sekretariat: Serikat Nelayan Indonesia (SNI)
Desa Gebangkulon, Kec. Gebang, Kab. Cirebon.