BERITA BUKU

Pemda Jember Gandeng JKPP Inisiasi Pemetaan Desa Secara Partisipatif

Pemerintah Daerah Jember berinisiatif melakukan pemetaan desa secara partisipatif guna mendukung pembangunan yang disinergikan dengan program pemerintah daerah terkait Jember Big Data.

Demikian disampakan plt. Kepala Dinas PMD Jember, Adi Wijaya saat melakukan diskusi dengan JKPP dan Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Jember, Hadi Mulyono pada Kamis (1/4/2021).

“Inisiatif kegiatan pemetaan partisipatif akan disinergikan dengan Jember Big Data. Selain itu juga dapat disinergikan dengan Diskominfo dalam mendukung program Jember Smart Villages” terang Adi.

Bagi DPMD, lanjut Adi, inisiatif ini diharapkan dapat mendukung pemenuhan salah satu program SDG’s desa yg menjadi program DPMD saat ini.

Divisi advokasi JKPP, Imam Hanafi menyambut baik inisiatif tersebut. Menurut Imam, Pemda Jember mendukung dan tertarik untuk kerjasama dengan JKPP untuk pengembangan pemetaan partisipatif desa di Kabupaten Jember dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melalui penyediaan data spasial dan data sosial desa.

Hal senada disampaikan Direktur LSDP SD Inpers, Bambang Teguh Karyanto. Menurutnya Pemda Jember sudah menemukan langkah tepat untuk menyusun perencanaan pembangunan berbasis pemetaan partisipatif.

“Untuk itu, hal terdekat yang harus dipersiapkan oleh Pemerintah Daerah diantaranya penyusunan kelembagaan koordinatif ditingkat daerah, kebijakan, penganggaran dan alur teknis pelaksanaan.” Ujar Bambang.

“Untuk suksesnya kegiatan tersebut, Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) Jawa Timur akan sepenuhnya mensupport Pemda Jember” pungkasnya.